Headlines News :

Advertise

Home » » Apa itu Web Hosting dan Domain

Apa itu Web Hosting dan Domain

Written By Susanto Wibowo on Selasa, 15 Mei 2012 | 07.10

Media Informasi Online - Kedua hal yang saya jadikan judul sampai saat ini masih banyak orang yang bingung perbedaan kedua kata tersebut yaitu web hosting dan web domain. Apa itu web hosting dan apa itu web domain. Untuk memiliki sebuah website kita memerlukan 2 hal tersebut terkecuali kita menggunakan layanan yang sudah ada seperti ngeblog di wordpress.com, atau di blogspot dll, kita cukup registrasi dan kita sudah mendapatkan sebuah subdomain untuk mengakses web kita (meskipun pada dasarnya itu tetap membutuhkan hosting dan domain tapi kedua hal tersebut sudah disediakan oleh pihak penyelenggara misalny wordpress.com dll).

Web Hosting adalah tempat untuk menyimpan system web anda, data web, account email, dimana kita menyewa sebuah space harddisk pada sebuah server web, berikut dengan membeli kapasitas bandwidth bulanannya dan layanan lainnya yang terdapat pada web hosting misalnya cpanel, sekian account untuk sub domain, add-ons domain, parking domain, email dll. Bisa dianalogikan seperti kita menyewa sebuah ruko untuk melaksanakan kegiatan usaha / kantor, yang fasilitas di dalam ruko tersebut bermacam-macam, ukuran ruko juga bermacam-macam (kapasitas harddisk), besar tegangan listrik atau sudah adakah line tlp pada ruko tersebut atau kondisi jalan menuju ruko apakah besar ataupun sudah di akses (mungkin bisa dianggap sebagai bandwidth).
Bandwidth pada webhosting adalah besarnya data yang keluar masuk pada sebuah account hosting dalam 1 bulan, data ini bukan terbatas hanya kepada akses HTTP tetapi untuk akses lainnya seperti FTP, SMTP. Sedangkan Disk Space adalah besarnya kapasitas untuk menyimpan data dalam web hosting (web server) misalnya 1 GB, atau unmetered, Add-on Domain adalah banyaknya domain top (bla2.com, namasy.net dll) domain yang mengandung 1 titik mudahnya kaya begitu. Sub Domain adalah anak dari sebuah top domain misalnya namaku.wordpress.com, gallery.ripiu.com dll. Lihat jumlah titiknya aja ada 2 untuk mudahnya.
Sedangkan yang dimaksud dengan Web Domain adalah identitas sebuah alamat untuk mengakses web anda. Misalnya anda sudah mempunyai web hosting A dengan ip 172.16.16.1 nah untuk mengakses website pada server / web hosting tersebut tidak bisa langsung kita mengetik alamat ip nya, karena dalam 1 IP bisa terdapat banyak web. Dengan Web Domain kita dipermudah untuk mengingat atau memberikan alamat untuk mengakses sebuah alamat web.
Secara mudahnya, web domain bisa di katakan sebagai alamat rumah . lokasi. misalnya kalau tadi saya mengibaratkan web hosting itu sebagai ruko. Untuk mengakses ruko tersebut kita harus tau alamatnya di mana, didepan ruko ada bagunan apa, rumahnya warnanya apa, warna pagarnya apa, nama rukonya apa, nah ribet kan?. Kalau kita sudah punya alamat jelasnya yaitu ruko tersebut di jln apa nomer berapa blok apa, pasti mudah untuk mencarinya. Nah web domain juga begitu, jadi bisa di katakan inisial alamat web anda enaknya dikatakan juga nama web anda karena nama web domain itu unik jadi tidak akan ada yang sama dalam 1 buah domain (.net kah, .com, .info, .org dll).
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Media Informasi Online - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template